Minggu, 01 Agustus 2010

Stop Panik Saat Koneksi Internet Tidak Jalan

Assalamu'alaikum Sahabat semua...!!! Berikut ini saya akan sharing sedikit informasi untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang mungkin sepele tapi sering terlupakan saat koneksi internet anda terputus alias ga konek... (kasian kan pelanggan jadi lari)

Bagi warnet yang langsung dial ke modem alias ga pake router.


S
aat koneksi anda terputus atau RTO (request time out) hal hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum anda berteriak-teriak di telpon adalah :

  1. Cek lampu modem anda. jika lampu modem (bagian internet/adsl/link) tidak berkedip-kedip anda bisa mencurigai bahwa koneksi dari ISP (Speedy) anda sedang bermasalah. Anda bisa menanyakan ke nomor 147 (nomor pengaduan telkom, walau sedikit kesal dengan pertanyaan-pertanyaannya tapi gpp itu prosedur dari mereka atau alternatif lain anda tanyakan ke warnet sebelah alias saingan anda.. wakkaka.. kalau dia bilang konek maka cobakan langkah berikutnya)
  2. Periksa hubungan antar PC anda dengan Modem (dalam hal ini modem dihubungkan langsuang dengan komputer tanpa melalui HUB, jika IP modem anda masih default maka anda bisa melakukan test ping ke 192.168.1.1 untuk melakukan test ping ini anda cukup mengetiknya dari start > run > kemudian ketik di tab run tersebut ping 192.168.1.1 -t. Apabila disana ada repply ttl dari modem 192.168.1.1 berarti hubungan dari modem ke PC berjalan dengan baik. kalau hasil ping tersebut request time out maka anda coba cek kabel LAN yang menghubungkan modem ke komputer anda, bisa dengan cara mengganti dengan kabel lain atau test dengan lan tester.
  3. tahap selanjutnya jika terjadi ping Request Time Out maka jangan lupa anda cek dulu nomor ip address komputer anda yang terhubung dengan modem. apabila ip address modem adalah 192.168.1.1 maka settingan ip address komputer anda adalah : Untuk ip address 192.168.1.xx (2 sampai seterusnya) sedangkan untuk default gateway adalah IP modem speedy anda yaitu : 192.168.1.1 selanjutnya DNS (wilayan sumatera) 203.130.193.74 dan alternatif DNS 202.134.0.155 kemudian ulangi langkah 2. apabila repply maka selanjutnya lakukan ping ke ip DNS (203.130.193.74) apabila RTO atau destination unrechable maka coba matikan modem anda lalu hidupkan kembali.
  4. apabila langkah ke-3 masih tidak jalan maka selanjutnya anda harus cek firewall dari antivirus anda, bisa jadi koneksi anda di block oleh firewall antivirus.
  5. Apabila semuanya telah anda lakukan tapi tidak juga bisa terkoneksi maka anda harus ingat-ingat... (tagihan speedy udah di bayar atau belom ???? tanda tanya ) kalau sudah anda telpon lagi deh warnet sebelah koneksi nya idup pa tidak. kalau tidak berarti anda tunggu aja sampai koneksi dari speedy konek kembali, tapi kalau konek anda harus coba lagi langkah berikutnya.
  6. langkah selanjutnya matikan komputer, jangan lupa nyalakan kembali selanjutnya anda coba test ping dari komputer ke IP address modem (ping 192.168.1.1) kalau ga konek berarti ada permasalahan di modem. selanjutnya coba masuk ke settingan modem... tapi gw rasa gakkan bisa karena disini status modem ke pc RTO alias ga konek. Begini aja.. reset tuh modem dengan memencet tombol reset yang biasanya ada di blakang modem. sekitar 2 menitan. kalau gak ketemu kebangetan deh...
  7. setelah selesai reset coba kembali ping ke ip modem
  8. kalau ga sukses juga alias masih RTO maka anda pake PC yang lain (kan critanya anda punya warnet jadi pcnya pasti lebih dari 1 buah) wakkak...
  9. coba dari PC lain langsung ke modem.. masih rto pa tidak ?? kalau masih berarti sukses anda harus cari toko komputer terdekat. beli modem baru... tapi kalau konek anda musti lakukan ping ke DNS speedynya dulu : 202.134.0.155 atau dns satu lagi tuh di atas (capek nulisnya)
  10. apabila konek dan gak ada masalah dengan komputer yang satu lagi anda tidak harus membeli komputer untuk server. anda cukup menginstall ulang tuh PC yang gak mo konek tadi.
udah dulu .. kalau untuk yang pake router besok di sambung.. caphe dah skarang...!!!



Komentar :

ada 0 komentar ke “Stop Panik Saat Koneksi Internet Tidak Jalan”

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Next Intercom